Satlantas Polres Jepara Sosialisasikan dan Beri Penyuluhan Ops Patuh Candi 2023, Pada Para Pelajar

73
0

MSM TV, Jepara – Operasi Patuh Candi 2023 hari ketiga, Kamis (13/7/2023), Satlantas Polres Jepara tak hanya di jalan umum tetapi juga mendatangi memberikan penyuluhan di sekolah.

Langkah Satlantas Polres Jepara ini untuk meningkatkan ketaatan peraturan berlalu lintas di kalangan pelajar hingga guru di SMA Negeri 1 Jepara.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasatlantas AKP R. Ade Triken Deayomi mengatakan, upaya itu dilakukan guna untuk meningkatkan kepatuhan para pengendara saat berlalu lintas.

Adapun kegiatan dilaksanakan Satlantas Polres Jepara, yakni melakukan sosialisasi kepada para pengendara untuk mematuhi peraturan lalulintas kepada pengguna jalan dan masyarakat.

“Himbauan itu kami sampaikan dengan 2 cara atau metode, yakni ada yang secara langsung dan ada yang menggunakan papan himbauan,” kata AKP R. Ade Triken.

Kemudian lanjut Kasat, kegiatan juga dilakukan dengan cara memasang brosur taat peraturan dalam berlalu lintas.

“Kemudian juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, agar para siswa-siswi untuk tetap mematuhi aturan lalulintas saat berkendara, baik menggunakan kendaraan roda dua (motor), maupun roda empat (mobil),” jelas AKP R. Ade Triken.

Hal itu dirasa penting dilakukan. Sebab lanjut Kasat, dalam pelaksanaan kegiatannya, masih ada masyarakat ataupun pengendara yang belum taat akan peraturan berlalulintas.

“Ada yang tidak menggunakan helm atau safety belt, berboncengan lebih dari satu, pengendara dibawah umur dan melebihi batas kecepatan,” ungkap AKP R. Ade Triken.

Termasuk juga ada yang melawan arus dan bermain ponsel saat berlalu lintas. Untuk pengendara yang melanggar, maka diberikan surat perjanjian untuk mentaati aturan lalu lintas.

“Tapi ada juga pengguna jalan yang sudah tertib lalulintas, baik itu menggunakan helm, memasang spion, serta dilengkapi dengan membawa surat kendaraan SIM dan STNK,” ucap Kasat.

Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, AKP R. Ade Triken ini berharap dapat mencegah terjadinya pelanggaran lalulintas yang ada di wilayah hukum Polres Jepara.

“Minimal bisa menekan angka kecelakaan lalulintas di kota ukir ini, sesuai dengan tema Operasi Patuh yaitu patuh dan tertib berlalu lintas cermin moralitas bangsa,” tegasnya.

(Yusron).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here