Masyarakat Pekon Biha Melakukan Kegiatan Ngejalang Pangan

99
0

MSM TV, Pekon Biha – Masyarakat Pekon Biha mengadakan Tradisi Adat yaitu Ngejalang Pangan di Masjid Jami” Pemangku Biha Tuha Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat Lampung pada tahun ini berlangsung pada 4 Syawal 1444 H bertepatan pada hari Selasa (25/04/2023).

Tujuan dari acara ini adalah sebagai wujud silaturahmi untuk mempererat hubungan persaudaraan, dengan cara berkumpul bersama keluarga, sanak saudara, dan masyarakat lainnya. Selain itu, tradisi tahunan ini juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk saling bermaaf-maafan serta memanjatkan do’a bersama.

Namun dalam acara yang dihadiri oleh Peratin Pekon Biha Rizkon Al-Huda.SH, para tokoh agama, pemuka adat, tokoh masyarakat.

Peratin Pekon Biha Rizkon Al-Huda.SH, menyampaikan sambutan ucapan terima kasih atas kehadiran para undangan dan segenap Masyarakat Pekon Biha khususnya di Pemangku Biha Tuha atas terlaksananya acara ini ,

Setiap menjelang datangnya bulan suci Ramadhan atau pun hari raya Idul Fitri, akan banyak acara penyambutan yang digelar oleh masyarakat untuk menyambutnya. Tradisi ini sendiri merupakan ungkapan rasa syukur karena masih diberikan kesempatan bertemu dengan bulan puasa dan Idul Fitri.

Selanjutnya Ngejalang Pangan sendiri artinya adalah acara do’a dan beramal bersama-sama di masjid. Biasanya dilakukan menjelang bulan puasa dan setelah hari lebaran Idul Fitri. Tradisi Ngejalang rutin setiap tahun ini dilakukan oleh masyarakat Pekon Biha yang berada di Pemangku Biha Tuha Pekon Biha Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Dan bahkan juga kegiatan yg sama di masjid masing masing yang berada di Pekon biha termasuk masjid Al Muhajirin Pemangku Gunung Sari dan Nurul iman Pemangku Way Ipah di Waktu yang berbeda. waktu yg berbeda.
Bahkan acara ini digelar dengan sangat Hidmat,ungkap.Peratin.(Hijrah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here