Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Polres Jembrana Laksanakan Patroli Sambang di Bumi Perkemahan TNBB

5
0

MSM TV (MSM Group), Gilimanuk Bali – Dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Polres Jembrana, Polda Bali, kegiatan Patroli Sambang dilaksanakan oleh Regu III UKL.

Patroli ini dipimpin oleh Padal IPDA I Gede Sedana, bersama dengan tiga personel, dengan menyasar kegiatan perkemahan di Bumi Perkemahan Taman Nasional Bali Barat (TNBB), Cekik, Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana,
Rabu (23/10/2024).

Pelaksanaan patroli ini merupakan perwujudan dari instruksi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Komang Muliyadi, S.H., M.M., yang menekankan pentingnya pelaksanaan tugas pokok secara berkelanjutan guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Patroli ini juga selaras dengan program unggulan Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.S.I., yaitu Polres Jembrana MULIA (Modern, Unggul, Lugas, Inisiatif, Amanah).

Kegiatan Patroli Sambang di Bumi Perkemahan TNBB ini secara khusus ditujukan untuk memantau aktivitas perkemahan Ambalan Pramuka Penegak Gerakan Pramuka Gugus Depan 03.059 – 03.060 dari SMAN 1 Negara. Perkemahan ini diikuti oleh 380 peserta yang terdiri dari 350 siswa dan 30 pendamping, dengan I Ketut Nara Kusuma sebagai Ketua Panitia. Perkemahan berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Oktober 2024.

Dalam patroli tersebut, petugas Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk aktif berkomunikasi dengan para peserta perkemahan, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas, dan mendorong partisipasi aktif dari semua pihak dalam menjaga keamanan. Kepada Ketua Panitia, IPDA I Gede Sedana menghimbau agar seluruh peserta tidak mudah terpengaruh oleh informasi hoaks, menghindari tindakan yang melanggar hukum, serta selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian apabila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan. Petugas juga mengingatkan agar segera menghubungi layanan kepolisian melalui nomor 110 jika ada situasi darurat.

Selain sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi gangguan keamanan, patroli ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan sinergi antara pihak kepolisian dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. Dengan mengedepankan prinsip unggul dan lugas, kegiatan ini berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada, serta berlangsung dengan aman, tertib, dan lancar.

Keberadaan Polri di tengah kegiatan masyarakat, seperti yang terlihat dalam Patroli Sambang ini, menjadi bukti komitmen Polres Jembrana dalam menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kelurahan Gilimanuk dan sekitarnya.

humpolgilimanuk
(redMSM).