Bawaslu rapat koordinasi pembekalan, Pengetahuan Gakkumdu Kepada Panwascam se-Kabupaten OKU

27
0

MSM TV, Baturaja – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten OKU, menggelar Rapat Koordinasi Sentra Penegakan Hukum Terpadu Kabupaten OKU pada Tahapan Masa Kampanye Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (14-15/10), dihadiri oleh seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten OKU, Kepala Kejaksaan Negeri OKU, Komisioner Bawaslu OKU dan unsur Gakkumdu Sumsel.

Kajari OKU, Choirun Parapat SH MH, dalam sambutannya menjelaskan, bahwa agenda Rapat Koordinasi (Rakor) Gakkumdu ini sangat penting dalam pelaksanaan Pemilu. Sebab, unsur penyelenggara dan pengawasan dibutuhkan kemampuan seperti teknis, manajemen dan kepekaan terhadap kondisi di wilayah masing-masing.

“Saat ini, sejak penetapan calon bupati, sudah mulai terasa muncul riak-riak dalam politik. Dilihat dari berbagai media sosial, sudah mulai terasa juga denyutnya di wilayah OKU,” ujar Kajari.

Untuk itu, Kajari mengingatkan, dengan pembekalan yang diberikan oleh pemateri dalam Rakor ini, harus menjadi bekal para Panwascam dalam menjalankan tugas.

“Yang perlu diingat, kepentingan kita hanya satu, bagaimana Pemilu berjalan lancar dan damai. Itu saja. Jadi kita bekerja harus sesuai dengan aturan yang ada. Harus konsisten, jangan pilih kasih dan kita harus netral,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Kabul SH MH, selaku Komisioner Divisi Penegakan Hukum Bawaslu OKU mengatakan, tujuan diselenggarakan kegiatan ini dalam rangka menyikapi tindak pidana Pemilu yang berkemungkinan terjadi ke depan.

“Kita tidak bisa memprediksi kemungkinan terjadinya tindak pidana dalam Pemilu, terutama di tingkat kecamatan. Untuk itu, Rakor ini bertujuan agar kita bisa menyatukan pikiran, sehingga tidak sampai terjadi permasalahan dalam pemilu ini,” ujarnya.

Kabul menyebutkan, bahwa Rakor ini diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari 52 unsur Panwascam,17 unsur Gakkumdu, 9 unsur Bawaslu dan 2 unsur Intelkam Polres OKU.

“Jadi, kita semua yang hadir harus mengikuti kegiatan ini dengan seksama agar mendapat pengetahuan untuk pegangan bekerja di lapangan. Semoga Pemilu di OKU berjalan lancar, aman dan terpilih putra terbaik untuk memimpin OKU,” pungkasnya.(ER/Mz)