Patroli Rahayu : Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Edukasi Sopir Truk untuk Cegah Kecelakaan Lalu Lintas

12
0

MSM TV, Gilimanuk Bali – Sebagai bentuk perhatian terhadap keselamatan pengguna jalan, Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk kembali melaksanakan Patroli Rahayu (Cahaya Biru) yang fokus pada jalur utama Denpasar-Gilimanuk. Kegiatan ini merupakan bagian dari program MULIA (Modern, Unggul, Lugas, Inisiatif, Amanah) Polres Jembrana, yang digagas oleh Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, S.I.K., M.S.I.

Kegiatan patroli ini dilaksanakan pada Rabu pagi tanggal 2 Oktober, pukul 10.00 hingga 11.00 WITA, dipimpin langsung oleh Pawas Iptu I Nengah Armika bersama tiga personel dari UKL 3 Polsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk. Patroli ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Gilimanuk, serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas (laka lantas) dan potensi gangguan seperti pohon tumbang di sepanjang jalur utama.

Saat berpatroli di Jalan Umum Singaraja-Gilimanuk, sekitar 100 meter dari simpang Cekik, tim patroli menemukan tiga truk pengangkut pasir yang diparkir di pinggir jalan, memakan sebagian badan jalan. Keberadaan truk-truk ini dianggap berisiko mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, terutama bagi kendaraan lain yang melintas.

Merespons situasi tersebut, Pawas Iptu I Nengah Armika segera memberikan edukasi kepada para sopir truk mengenai pentingnya memarkir kendaraan di tempat yang aman dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. “Apa yang saya sampaikan tadi kepada bapak-bapak adalah cerminan untuk tertib berlalulintas guna mengantisipasi laka lantas,” ujar Iptu Armika.

Tanggapan positif datang dari para sopir, segera memindahkan kendaraan mereka ke lokasi yang lebih aman. “Kami juga akan segera menyampaikan ke teman-teman sopir lain agar tidak parkir di tempat ini sehingga tidak mengganggu lalu lintas yang lain,” ujar salah seorang sopir truk yang ditemui di lokasi.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Gilimanuk, Kompol I Komang Muliyadi, S.H., M.M., menekankan bahwa kegiatan patroli ini adalah bagian dari tanggung jawab personel Polsek untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Kami berharap apa yang kami lakukan dapat menjadi amanah, demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif serta mendukung program Polda Bali PRESISI dan DHARMA (Disiplin dan Berintegritas, Humanis, Akuntabel, Responsif, Melayani dengan hati, dan Adaptif),” tegasnya.

Dengan terlaksananya Patroli Rahayu ini, diharapkan kawasan Gilimanuk terus berada dalam kondisi aman dan tertib, serta terhindar dari potensi kecelakaan lalu lintas dan gangguan keamanan lainnya.

humpolgilimanuk
(redMSM).