Camat Dan Muspika Cikarang Timur Lakukan Monitoring Rekapitulasi Suara Kecamatan

40
0

MSM TV, Bekasi – Camat Cikarang timur Ropi ST KP didampingi Kapolsek Cikarang Timur AKP M Trisno SH MM dan DanRamil 02 lemah Abang Mayor Siswo , Kepala desa jati reja Suwandi serta Ketua PPK Cikarang timur Arian Nurul furqon.

memonitoring langsung jalannya Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 di beberapa wilayah Kecamatan Cikarang Timur. Rapat pleno tersebut serentak telah dimulai sejak 20 Februari 2024 oleh Panitia Pemilih Kecamatan (PPK).

Plano ini di laksanakan di Aula gedung Serbaguna Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur kabupaten Bekasi.

Kemudian Camat Cikarang Timur bergegas menuju aula Gedung serba guna desa jatireja beserta muspika Kecamatan Cikarang Timur berserta ketua PPK dan Panwascam kecamatan.

Berdasarkan tinjauan di lapangan, Camat Cikarang timur Ropi ST KP menuturkan, proses pelaksanaan rekapitulasi perolehan suara berjalan dengan lancar dan tidak ditemukan adanya kendala yang berarti. Hal tersebut tak lepas dari fungsi pengawasan dan pengamanan yang telah dilakukan semaksimal mungkin oleh seluruh stakeholder terkait guna mendukung terciptanya kondusifitas pada setiap tahapan Pemilu tahun 2024.

“Kalau rekapitulasi berjalan lancar, tidak ada gangguan yang berarti karena pengamanannya sudah sedemikian rupa dan hanya petugas yang berwenang saja yang dapat masuk. Sehingga Alhamdulillah tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan,” ujarnya usai monitoring pada Rabu (28/02/2024).

Camat Cikarang timur Ropi menilai, penyelenggara Pemilu memiliki komitmen yang tinggi untuk menjaga integritas dalam menjalankan tanggung jawab dan wewenangnya pada setiap tahapan pemilu. Terlebih saat momen krusial seperti tahapan rekapitulasi perolehan suara ini, yang prosesnya dilakukan melalui rapat pleno terbuka.

Tidak ada upaya-upaya untuk memanipulasi dan memang secara sistem kalau saya lihat hampir tidak ada peluang, karena semua saksi hadir di situ, penghitungannya terbuka, dicek satu persatu jadi masyarakat juga bisa yakin bahwa apa yang terjadi proses di dalam ini, walaupun tidak bisa terbuka secara publik tetapi terjaga secara sistem, jadi insyaallah ini lebih baik, kecil kemungkinan adanya potensi yang mengkhawatirkan,” jelasnya.

Camat Cikarang Timur juga mengucapkan berterimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi menggunakan hak suaranya pada puncak Pemilu 14 Februari kemarin. Dia pun berpesan agar seluruh pihak baik stakeholder terkait, juga lapisan masyarakat tetap menjaga keamanan dan kondusifitas lingkungan demi terlaksananya Pemilu yang lancar hingga tahapan akhir.

“Masyarakat saya kira sudah berperan dengan sangat baik, sudah melaksanakan hak pilihnya, sekarang tinggal bersabar menunggu proses sampai tuntas dan Insyaallah satupun suara dari masyarakat tidak ada yang tidak tercatat di sini ataupun bergeser, kami semua bertanggungjawab untuk menjaga agar suara masyarakat sesuai dengan pilihannya sehingga hasil Pemilu kita ini betul-betul jujur adil,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama,Kepala Desa Jatireja Suwandi menyambut baik kehadiran muspika Cikarang Timur dan Muspika yang meninjau langsung proses rekapitulasi perolehan suara diwilayahnya. Dia juga berterimakasih kepada TNI dan Polri yang telah membantu mengamankan jalannya kegiatan tahapan rekapitulasi perolehan suara saat ini.

Suwandi juga menyampaikan, bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Puskesmas yang ada di wilayah Kecamatan Cikarang timur untuk menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) dan bersiap memberikan pelayanan kesehatan kepada petugas penyelengara Pemilu yang tengah melakukan rekapitulasi perolehan suara secara bergantian 12 jam setiap harinya.

“Saya tadi sudah berkoordinasi dengan para Kapus Se Kecamatan Cikarang Timur, mereka bergantian berjaga dari awal, pagi sampai selesai penghitungan. Di setiap harinya juga kami himbau sebelum pelaksanaan di cek kesehatannya, di tensi, di support vitaminnya karena memang ini kerjanya marathon para penyelenggara, luar biasa membutuhkan vitalitas yang benar-benar harus tangguh,” jelasnya

Ketua PPK Cikarang Timur Anrian Nurul Purqon dalam kesempatan Ini Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada jajaran muspika kecamatan Cikarang Timur yang hadir lengkap dalam mengawal rekapitulasi di PPK Cikarang Timur
(Deden guntara)