Akibat bangunan salah salah satu hotel milik pejabat dinas oku banjer genangi rumah warga

82
0

MSM TV, Baturaja – Musim hujan telah tiba dampak yang harus diperhatikan adalah banjir di pemukiman warga jika saluran air atau siring /Dranase di Tutup atau di sumbat. Hal tersebut dialami warga RT 06 RW 03 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Provinsi Sumatera Selatan, dimana saluran air/ siring yg di bangun melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri perkotaan (PNPM) Perkotaan yang dibuat pada tahun 2015 ditutup oleh adanya pembangunan bangunan baru Hotel Ansana Mentari Residance.

Akibatnya dengan ditutupan siring/dranase oleh adanya pembangunan bangunan baru tersebut, diduga timbulkan banjir yang mengenangi rumah – rumah warga sekitarnya, atau lebih tepatnya di wilayah RT 06 RW 03 Sukajadi.

Saidina Hamzah Ketua RT 06 RW 03 saat dikonfirmasi awak media pada hari ini Selasa, (12/12/2023) mengatakan, saya sangat menyayangkan adanya penutupan saluran air / siring PNPM yang dibuat pada tahun 2015. Padahal sebelumnya sudah saya ingatkan.

“Saat hujan deras pada beberapa hari yang lalu, air disekitar sini tergenang karena tidak ada saluran air untuk air yang mengalir. Atas kondisi ini, kita menjadi prihatin,”kata Saidina Hamzah Ketua RT. 06 RW 03.

“Kita berharap semoga hal ini menjadi perhatian dan dicarikan solusinya karena lingkungan disekitar nya menjadi tidak nyaman dan linkungan tidak sehat utuk tempat tinggal “ungkap Saidina Hamzah.

Sementara itu Ibu Susi Warga RT 06 RW 03 yang terdampak banjir menyampaikan, kondisi banjir yang dialami nya sangat menyusahkan sekali.

Hal serupa juga dialami ibu Ningsih warga RT 06 RW 03 yang masih membersihkan rumahnya dampak akibat banjir yang dialaminya.

“Kami tidak tahu bangunan apa yang sedang dibangun. Akibatnya adanya bangunan baru tersebut, hujan deras saja sebagian rumah – rumah disekitar sini mengalami banjir,”jelas Ningsih.

Ditempat yang berbeda, Ferdiansyah, S.E., Lurah Sukajadi saat dikonfirmasi di Kantor Lurah sedang berada diluar.

“Maaf saya sedang diluar, terkait hal tersebut kami sudah ke lokasi pada hari Sabtu, (09/12/20223) kemarin,”kata Lurah Sukajadi.

“Coba Konfirmasi langsung dengan pak camat juga karena beliau hadir kemarin,”terang Lurah Sukajadi.

“Kami akan duduk bersama mencari solusi untuk memecahkan masalah warga yang terdampak banjir di RT 06 RW 03 tersebut, supaya tidak mengalami banjir lagi,”ujar Lurah Sukajadi.

“Rencana besok siang di Kantor Lurah akan kita bahas, dengan mengundang Kasat Pol PP OKU, Camat Batubaraja Timur, Babinsa , Bhabinkamtibmas , Ketua RT 06 RW 03 dan Pemilik Hotel,”pungkas Lurah Sukajadi.

Awak media berusaha meminta keterangan Camat Baturaja Timur, namun sama dengan Lurah Sukajadi tidak ada juga di tempat.

Saat dihubungi melalui no hp / Wa pribadi Camat Baturaja Timur Yoyin Arifianto, Ap. M.Si., di jawab melalui pesan Wa yang bertuliskan “maaf saya tadi sedang ada diluar kantor”.

Saat berita ini ditayangkan, awak media belum meminta konfirmasi atas kondisi tersebut yang diduga milik salah satu pejabat dinas OKU. pemilik bangunan baru Ansana Mentari Residance dan juga mempertanyakan perijinan lainnya terkait pembangunan bangunan baru tersebut. (tem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here