Jelang Penutupan, Baru 184 Pelamar Rampungkan Pendaftaran PPPK

63
0

MSM TV, Beltim – Sebanyak 184 pelamar sudah merampungkan pendaftaran Seleski Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Pemkab Beltim. Mayoritas pelamar yang merampungkan pendaftaran berasal dari formasi PPPK Guru.

Hingga, Kamis (5/10/23) Sore, yang mendaftar sudah mencapai 448 pelamar, baik untuk formasi PPPK Guru, PPPK Kesehatan dan PPPK Teknis. Pendaftaran akan ditutup pada 9 Oktober 2023.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Beltim Hendriyani melalui Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian Yopi Risa mengatakan banyaknya pelamar yang belum merampungkan pendaftaran lantaran ingin menunggu di detik-detik akhir pendaftaran.

Itu mereka yang nentukan, biasanya pelamar lebih suka masuk saat hari-hari akhir pendaftaran,” ungkap Yopi.

Yopi yang didampingi Pejabat Analis Kepegawaian. Gusnul Yakin menyatakan banyaknya tenaga formasi guru yang sudah merampungkan (submit) pendaftaran lantaran untuk formasi kebutuhan khusus memang sudah tutup sejak 3 Oktober lalu. Namun untuk formasi jalur umum dibuka sejak 4 Oktober dan akan ditutup 9 Oktober.

“Yang Formasi Kebutuhan Khusus sudah dibuka sejak 20 September lalu. Yang sekarang ini untuk Jalur umum 20 persen dari seluruh kuota,” jelas Yopi.

Terkait kendala yang dihadapi pelamar, mayoritas kesulitan untuk mengakses e-materai. Mengingat pendaftaran PPPK tahun ini wajib menggunakan e-materai.

“Wajib pakai e-materai. Kalau tidak pakai e-materai tidak akan terbaca bahkan ditolak di aplikasi SSCASN,” tambah Gusnul.

Namun bagi pelamar yang kesulitan, BKPSDM Kabupaten Beltim sudah menyiapkan help desk yang bisa dimanfaatkan untuk konsultasi dan membantu kesulitan pelamar PPPK.

Datang saja ke kantor kami saat jam kerja. Kami sudah siapkan help desk dan petugasnya. Namun kami tidak menyiapkan layanan melalui on line baik melalui what’sapps maupun telepon,” ujar Gusnul.

Tahun 2023 ini Pemkab Beltim membuka lowongan pendaftaran bagi 242 formasi PPPK. Dengan Rincian 110 PPPK Guru, 88 PPPK Tenaga Kesehatan dan 44 PPPK Teknis. (Ramli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here